Beranda | Artikel
Syarat-Syarat Si Pewakaf
Kamis, 11 Februari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Erwandi Tarmizi

Syarat-Syarat Si Pewakaf merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. dalam pembahasan Kitab Zadul Mustaqni. Kajian ini disampaikan pada Kamis, 28 Jumadil Akhir 1442 H / 11 Februari 2021 M.

Kajian Islam Ilmiah Tentang Syarat-Syarat Si Pewakaf

Apa yang disyaratkan oleh Si Pewakaf, maka harus dilakukan seperti itu. Dan kaidah umum dalam hal ini sebagaimana dijelaskan oleh para ulama:

نص الواقف كنص الشارع

“Ucapan/ikrar seorang wakif (teksnya) sama dengan teks syariat.”

Ucapan dia diperlakukan seperti sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bukan artinya sejajar dalam kekuatan hukum, akan tetapi bagaimana memperlakukannya. Bila umum bisa ditakhsis (dibatasi) kalau ada mukhassis-nya, baik dengan ‘urf atau dengan perkataan pewakaf selanjutnya.

Jadi ikrarnya diperlakukan sama seperti para mujtahid memperlakukan nash syariat, nash Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Penulis mengatakan: “Dan wajib untuk mengamalkan dengan persyaratan yang berwakaf.” Yang wajib mengamalkan di sini maksudnya adalah Nazhir wakaf (pihak pengelola).

Misalnya ada seseorang berwakaf kebun kelapa sawit 10 hektar, maka si pengelola wakaf tadi wajib mengikuti persyaratan yang berwakaf. Di sini bagi Nazhir melakukannya sama seperti bagi seorang muslim ketika ada firman Allah dan sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang memerintahkan sesuatu.

Ketika Nazhir menerima amanah untuk mengelola lahan 10 hektar, maka wajib dia melakukan persyaratan wakif. Misalnya wakif berkata: “Ini wakaf untuk anak-anakku dan anak-anak mereka,” artinya anak-anakku dan cucu-cucuku, berarti gabung. Maka andaipun diwaktu itu si wakif masih hidup dan dia menunjuk dirinya selagi masih hidup yang mengelolanya, setiap hasil dari sawit 10 hektar tadi dibagi rata kepada anak-anak dan cucu-cucunya.

Bagaimana contoh ikrar wakaf yang lain beserta konsekuensinya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Download mp3 kajian yang lain di mp3.radiorodja.com


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49798-syarat-syarat-si-pewakaf/